Home » » SEKILAS BATAK BERMAZMUR

SEKILAS BATAK BERMAZMUR

Written By kak yudi on Friday, September 21, 2012 | 11:17 PM


Batak Bermazmur adalah satu dari sekian banyak perpanjangan tangan kasih Tuhan dalam menjangkau orang-orang Batak agar mengenal Tuhan Yesus Kristus dengan benar. Melalui pengenalan yang benar akan Tuhan, orang-orang Batak akan digiring untuk mengerti maksud dan tujuan dirinya berada di bumi ini yaitu menjadi alat bagi kemuliaan Tuhan. “Batak Bermazmur” dengan beban yang di berikan Tuhan kepada hamba-hamba Tuhan yang ada di “Batak Bermazmur” siap menjadi wadah untuk pelayanan ini. Batak Bermazmur ada bukan untuk mendirikan gereja atau menarik anggota gereja lain untuk menjadi anggota gereja lokal tertentu, tetapi “ada” sebagai “mitra gereja” dalam melaksanakan “Amanat Agung” Tuhan Yesus ( Mat 28 : 18-20 ). 

Pada tahun 1999 kurang lebih 125 orang, kami mengadakan pelayanan ke daerah Sumatera Utara mulai dari Tarutung, Siborongborong, Balige, Laguboti, Jangga, Prapat, Pematang Siantar, dan Medan. Pelayanan ini dilakukan setiap tahun, bersama dengan Pdt. Erastus Sabdono, M.Th, dan beberapa hamba Tuhan lainnya mengadakan KKR (Kebaktian Kebangunan Rohani), pelayanan ke Penjara, Panti Asuhan, Rumah Jompo, dan membantu beberapa pembangunan gereja.

Ketika pertama kali menyaksikan indahnya Danau Toba, kami begitu kagum atas ciptaan indah Sang Khalik, Bapa di Sorga. Bersuara di dalam hati; itulah sebabnya aku mengutus hamba-hamba-Ku ke tanah ini untuk memenangkannya. Bisa dimengerti mengapa Nomensen dari Jerman, tentu bukan satu hal kebetulan, kalau Tuhan mengutus hamba-hamba-Nya dan memenangkan negeri ini untuk Injil. Danau Toba diciptakan Tuhan untuk orang-orang yang akan dipilih-Nya menjadi umat kesayanganNya. Negeri yang  indah ini dihiasi deret bukit-bukit, bentangan Danau yang  indah dan suburnya tanah Batak untuk kemuliaanNya.

Ketika pagi buta waktu menginap di salah satu Hotel di pinggir Danau Toba, Tuhan menggerakkan hati hambaNya berdoa di pantai Danau Toba tersebut. Tuhan memberikan visi di dalam hatinya, yaitu visi untuk membangun umat Batak dalam kebenaran bagi kerajaan Allah. Timbul pertanyaan: Mengapa tanah ini sering diperhitungkan sebagai daerah peta kemiskinan di Indonesia. Kemudian Tuhan menunjukkan, yaitu sebab umat ini tidak sungguh-sungguh menjalankan kebenaran Injil. Memang sangat ironis sekali, sebuah wilayah yang sedemikian subur dan indah ternyata banyak penduduknya hidup dalam kemiskinan dan kebodohan. Sekiranya umat mendengar suara Tuhan dan melakukan segala perintah-Nya dengan benar, maka Tuhan akan memberkati tanah garapan kita, binatang piaraan kita dan buah tangan kita yang lain.

Melalui pergumulan yang panjang akhirnya pada bulan Januari 2003, Pdt. Erastus Sabdono, M.Th dengan hati Tuhan yang dimilikinya kembali menghangatkan visi Tuhan tersebut kepada beberapa orang  Batak disekitarnya dan visi itu ditangkap dan kemudian direalisasikan dengan mengadakan Ibadah Batak Bermazmur pada tanggal 10 April 2003 di Panin Hall, Jakarta  yang  dihadiri kurang lebih dari 2000 orang. Ibadah perdana 10 April  2003 tersebut  merupakan Hari jadinya Batak Bermazmur. Animo masyarakat Batak yang berdomisili di JABOTABEK rupanya cukup besar terhadap nilai religius yang dibungkus dengan aspek budaya seperti nyanyian-nyanyian yang dibawakan dalam bahasa Batak. Ini membuat Tim Batak Bermazmur mengalami kesulitan dalam menyediakan tempat sekaligus kagum dan terharu atas karya Tuhan dalam ibadah tersebut. Dengan pertolonan Tuhan, Tim Batak Bermazmur mendapat tempat yang lebih baik untuk ibadah yaitu di Wisma Serba Guna, Senayan.

Pada tanggal 7-10 Juli 2003,  kurang lebih 50 orang, kembali mengadakan pelayanan dengan identitas baru yaitu “BATAK BERMAZMUR” ke Sumatera Utara,   di daerah Pematang Siantar, Sibolangit, dan Medan.

Tahun 2006 Batak Bermazmur berencana mendirikan Radio Batak Bermazmur dengan Nama Radio Suara Kidung Kebenaran. Melalui proses perizinan yang cukup panjang, akhirnya Radio ini diresmikan pada tanggal 13 Juni 2008 Setelah satu tahun mengudara dengan frekuensi 87,8 FM. Bertepatan dengan itu, diadakan juga seminar dan KKR di GOR Siantar. Melalui radio ini diharapkan Suara Kebenaran yang mengubahkan hidup orang-orang Batak semakin luas menjangkau jiwa-jiwa.

Saat ini Batak Bermazmur sedang mempersiapkan pelayanan yang lebih luas kepada orang-orang Batak seperti konsultasi melalui telepon, konseling, kunjungan ke Rumah Sakit, penjara dan pelayanan lainnya disamping Ibadah Raya sekali sebulan.

Mengikuti perkembangan tekhnologi, maka sekarang Batak bermazmur juga sudah memiliki blog: www.batakbermazmur.org.  Pelayanan konseling dan tanya jawab seputar Firman Tuhan, berpacaran, keluarga dan kehidupan kristiani juga bisa dilakukan melalui email: batakbermazmur@gmail.com dan juga Facebook: Batak Bermazmur

Gaung Batak Bermazmur ini ternyata telah sampai keberbagai wilayah di tanah air. Hal ini terlihat dengan adanya permintaan dari Surabaya, Jawa Tengah, dan Batam, bahkan ke luar negeri, melalui email, blog maupun facebook.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. batak bermazmur - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger